Konten adalah nyawa dalam pemasaran digital.
Sebagaimana SEO yang saya prediksikan akan terus bertahan saat platform lain silih-berganti, lahir dan tumbang, maka Content Marketing sebagai bagian penting dari SEO akan jadi fundamental di dunia pemasaran di jagat maya untuk jangka panjang.
Tentu saja, Anda membutuhkan konten yang baik dan banyak untuk dapat melakukan Content Marketing.
Dan mudah-mudahan Spinner.id PRO dapat membantu Anda.
Tapi sebelum jauh kesana, mari kita kembali dulu kepada definisi Content Marketing serta bagaimana kita dapat menggunakannya sebagai salah satu strategi pemasaran yang kita lakukan.
Pada Bonus ini, Anda dapat membaca seluruh hal yang perlu diketahui dari Content Marketing:
- Pengertian Content Marketing.
- Studi kasus penggunaan Content Marketing.
- Panduan riset kata kunci dan market.
- Step by step dalam melakukan Content Marketing.
- Fundamental SEO dalam Content Marketing dengan Spinner.id
So let’s start.
Pengertian Content Marketing
Meski konten itu bermacam-macam dan tak hanya terbatas pada text, faktanya dominasi konten yang ada di dunia online tersusun dari rangkaian kata, text dan artikel.
Hasil pencarian Google menempatkan konten berupa text sebagai porsi utama, didampingi oleh jenis konten lainnya seperti video, gambar, map dan buku serta referensi belanja.
Pengguna internet di seluruh dunia haus akankonten dan menuntut keberadaanya setiap saat untuk memenuhi kebutuhan akan informasi yang mereka butuhkan.
Pencarian di internet melalui Google sudah jadi gaya hidup serta kebutuhan mendasar manusia modern, tak jauh berbeda dengan makan maupun tidur.
Darisinilah konten kemudian dapat dijadikan sebagai alat marketing yang efektif serta efisien untuk berbagai kebutuhan.
Content Marketing adalah jalur pemasaran menggunakan konten sebagai alat tempur utama, baik berupa informasi, story (cerita), list dan lain sebagainya dimana kita dapat menyelipkan berbagai hal yang berhubungan dengan pemasaran, diantaranya:
- Edukasi
- Advertorial
- Rekomendasi
- Link affiliate
- Link penjualan
- dsb
Ada pun penetrasi konten agar dapat sampai kepada pembaca tertarget dapat dilakukan melalui 2 metode major yang tersedia, yakni:
- Organic: SEO, Social Profiles
- Paid traffic: FB Ads, Google Ads
Dengan menempatkan konten di tengah-tengah pembaca yang kita inginkan, diharapkan kita dapat:
- Meningkatkan brand awareness dari produk atau layanan milik kita.
- Memicu tren pencarian brand atau kata kunci milik kita
- Memperluas market size
- Meningkatkan Sales
Selanjutnya saya akan memberikan studi kasus tentang bagaimana berbagai brand baik yang besar maupun kecil memanfaatkan Content Marketing sebagai keran pemasaran produk serta layanan yang mereka miliki supaya Anda dapat melihat langsung metode penerapannya serta mengadopsi model tersebut untuk kebutuhan marketing yang Anda miliki.
Studi kasus penggunaan Content Marketing
Dewaweb
- Alamat url: dewaweb.com
- Produk: web hosting
- Niche content: Internet marketing, digital marketing
- Keywords: Instagram marketing, google webmaster, digital marketing, affiliate marketing, dll.
Dewaweb merupakan salah satu penyedia layanan web hosting yang terkemuka di Indonesia. Dan seperti yang kita tahu, web hosting merupakan produk yang memiliki tingkat kompetisi tinggi, nyaris berdarah-darah. Berbagai kata kunci yang berhubungan dengan web hosting juga sangat mahal nilai per klik nya jika diiklankan via Google Ads.
Tak heran jika pendekatan via konten merupakan salah satu opsi yang menarik karena dapat meningkatkan brand exposure ke pengguna internet sekaligus mendatangkan traffic secara lebih murah via mesin pencari.
Dewaweb menggunakan content marketing secara jitu pada blog yang mereka miliki, menarget kata-kata kunci yang berhubungan dengan internet marketing, digital marketing dan bisnis online, dimana sebagian besar di kelompok ini akan membutuhkan layanan hosting.
Sociolla
- Alamat url: sociolla.com
- Produk: kosmetik & skincare
- Niche: review produk kecantikan, tips kecantikan
- Keywords: make up, essential oil terbaik, review wardah, dll.
Sociolla menjual produk-produk kecantikan untuk wanita, mulai dari kosmetik, make up, skin care, hair care, fragrance hingga beauty tools. Salah satu kelebihan yang ditawarkan selain produk pasti original adalah jaminan seluruh produk yang terdaftar di BPOM sehingga sudah pasti aman.
Tapi itu saja tidak cukup sebab mereka harus bersaing dengan marketplace dan platform lain yang juga menyediakan produk serupa.
Maka dari itu, Sociolla melakukan pendekatan dengan Content Marketing via website mereka yang diberi nama “Beauty Journal”. Tak kurang dari 30rb laman yang terindex di Google dari Journal ini menjadikan konten mereka hadir di laman pertama Google untuk banyak kata kunci yang berhubungan dengan tips kecantikan dan gaya hidup.
Dimensidata
- Alamat url: dimensidata.com
- Produk: komputer, laptop, peripherals PC
- Niche: laptop review, tutorial komputer, list PC
- Keywords: cara cek spek laptop, gpu android terbaik, cara mengaktifkan nomor indosat yang terblokir, dll.
Sekarang bayangkan produk yang Anda miliki. Bukankah dengan cara yang sama Anda juga dapat melakukan Content Marketing?
Ada ribuan bahkan puluhan ribu brand yang sudah memanfaatkan metode ini untuk mendulang penghasilan. Dan kabar baiknya, tetap saja masih banyak celah tersisa untuk Anda masuki melalui pemasaran dengan konten, terlebih untuk market Indonesia.
Percayalah, web di Indonesia masih sangat kekurangan konten, tak sebanding dengan jumlah penggunanya yang sangat banyak.
Monetizing Content Marketing
Selain menjual produk/jasa milik sendiri, kita juga bisa menggunakan Content Marketing untuk menghasilkan income lainnya dari internet.
Content yang dioptimasi dengan SEO dapat dijadikan ladang untuk menarik traffic dari mesin pencari.
Dan traffic = $
Berikut beberapa ide monetizing Content Marketing:
- Google Adsense
- Affiliate Program
- Native ads
- Popunder
Panduan Riset Kata Kunci & Market
Untuk apa pun tujuannya, kunci dari Content Marketing ada 2:
- Riset kata kunci, dan
- Riset market
Jika ingin mendapatkan traffic dari mesin pencari (Google) secara percuma, unlimited dan jangka panjang, maka kita harus melakukan riset kata kunci sebelum menentukan konten apa yang akan dibuat.
Riset kata kunci berguna untuk menemukan kata-kata kunci dengan persaingan rendah di hasil pencarian Google dimana kita bisa bersaing dengan web lainnya, bahkan dengan spun article.
Anda dapat membaca secara lengkap panduan untuk melakukan riset keyword yang sudah saya tuliskan secara panjang lebar beserta tool yang tersedia, di:
https://riantoastono.com/cara-riset-keyword/
Fokuslah pada bagian riset kata keyword untuk keyword Indonesia.
Selain itu, tentu saja ada banyak sekali referensi lain yang dapat Anda jadikan rujukan. Saya sangat menyarankan Anda membaca buku saya yang membahas tentang SEO, The Book of SEO untuk memahami kata kunci serta fundamental SEO secara keseluruhan.
Jika Anda tidak menggunakan SEO sebagai metode utama mendulang traffic, maka Anda perlu untuk melakukan riset market.
Step ini tak kalah penting karena akan menentukan bagaimana produk Anda diterima dan seberapa besar kebutuhannya.
Meski market pada umumnya sangatlah besar, saya menyarankan Anda untuk mengambil scope sekecil mungkin. Semakin spesifik, semakin baik karena Anda akan lebih mudah melakukan penargetan audience.
Pemasaran dengan target yang spesifik disebut dengan Niche Marketing. Berikut beberapa catatannya:
- Semakin spesifik, kecil dan detail marketnya, semakin mudah kita menentukan buyer persona.
- Buyer persona adalah orang-orang yang menjadi sasaran marketing kita, mereka yang cocok dan fit dengan penawaran yang kita miliki.
- Lebih baik jika market kita sudah diisi oleh kompetitor sehingga kita dapat lebih mudah meniru serta mengamati strategi yang digunakan oleh penjual lain dan melakukan perbaikan-perbaikan yang dibutuhkan.
Step by step dalam melakukan Content Marketing
Berikut langkah demi langkah apa saja yang perlu Anda lakukan dalam content marketing:
- Tentukan produk / layanan / monetisasi. Ini penting untuk Anda pikirkan pertama kali sebelum melakukan yang lain. Jadikan sebagai titik yang ingin Anda tuju saat memulai content marketing.
- Lakukan riset kata kunci / market. Mulai lakukan riset mendalam dan catat seluruh informasi yang ditemukan. Jika itu berupa kata kunci, buat list dan (kalau perlu) turunkan banyak LSI Keywords untuk membuat daftar Anda menjadi lebih banyak lagi.
- Siapkan media. Terbaik adalah self-hosted blog yang dibangun dengan platform WordPress yang ramah dengan mesin pencari, fleksibel dan mudah dioptimalisasi.
- Mulai buat konten dan publish di blog secara rutin.
- Optimasi
- Rinse & Repeat
Fundamental SEO dalam Content Marketing dengan Spinner.id
Ada beberapa trik yang dapat dilakukan dalam Content Marketing untuk SEO.
Walau pun pada dasarnya Anda dapat membuat konten apa saja yang diinginkan, berikut 2 model yang paling cocok untuk konten yang dibuat dengan bantuan Spinner.id:
Listacle
Konten berisi daftar / list, baik berupa tips, daftar terbaik, manfaat dan lain sebagainya. Penjelasan mengenai Listacle dapat Anda simak secara khusus di Bonus tersendiri: https://spinner.id/listicle-mastering-blueprint/
Data Inforial
Anda tak akan menduga betapa banyak pencarian di internet menggunakan keyword-keyword sederhana hanya untuk sekedar mencari info yang remeh-temeh, salah satunya adalah data inforial.
Data Inforial sendiri merupakan jenis konten yang berisi data generic atas sesuatu yang akan selalu sama, misalnya: lirik lagu, chord gitar, harga semen, harga bahan bangunan, spesifikasi produk dan sejenisnya.
Tentu saja kita tidak menulis ulang lirik lagu karena sudah demikianlah isinya, begitu pun dengan spesifikasi handpone misalnya.
Jadi kunci dari data inforial berada di konten yang berada di awal sebagai intro atau seberapa lengkapnya sebuah blog menyajikan konten.
Dan kabar baiknya, kedua kunci diatas dapat diselesaikan dengan lebih mudah menggunakan Spinner.id.
Misalkan, Anda membuat konten tentang “Harga pasir dan batu”, maka Anda dapat mengambil data dari web mana saja sebagai acuan. Meng copy tabel harga yang ada. Tetapi trik tentu berada di paragraph awal sebagai intro tempat Anda menjelaskan harga batu dengan memasukkan kata-kunci untuk optimasi mesin pencari.
Di bagian tersebut, Anda dapat menggunakan Spinner.id untuk menghasilkan konten yang lebh panjang dalam rangka mengalahkan konten sejenis lainnya yang punya konten yang lebih pendek.
Hal yang sama dapat Anda lakukan untuk model data inforial lainnya.
Berikut beberapa referensi blog yang punya traffic tinggi dengan hanya menggunakan trik ini:
- http://hargabahanbangunan.co
- https://www.terjemah-lirik-lagu-barat.com
- http://hargaok.com
- https://www.otomotifo.com/
Silahkan amati, tiru, modifikasi dan beri value dnegan konten yang lebih panjang atau isi yang lebih lengkap. Dijamin Anda akan segera mendapatkan traffic.
Wallpaper
Cara lain memanfaatkan Spinner.id adalah dengan membangun blog wallpaper, yakni jenis blog dengan Gambar sebagai konten utama.
Dan sudah pasti, setiap konten berisi gambar akan lebih baik jika juga diisi dengan text yang panjang yang dioptimasi dengan kata kunci. Dengan metode yang tak jauh berbeda dengan tips sebelumnya, Anda dapat membuat blog wallpaper lebih mudah dengan konten yang lebih kaya.
Berikut beberapa triknya:
- Selalu tambahkan beberapa gambar dari yang dimiliki oleh kompetitor. Misal kompetitor menyuguhkan 10 gambar, maka kita sajikan 15.
- Selalu berikan konten yang lebih panjang dari kompetitor. Misal kompetitor menulis 100 kata, maka kita buat 200 kata.
- Jika perlu, gunakan berbagai plugins wallpaper yang banyak tersedia untuk memudahkan pekerjaan Anda.
- Beberapa web yang bisa dijadikan referensi blog wallpaper Indonesia:
- https://www.desainrumahnya.com/
- https://fasnina.com/
Tips:
Saat menjalankan berbagai model Content Marketing menggunakan Spinner.id, ada dua hal penting yang harus selala Anda jadikan pegangan:
- Thick content. Semakin kesini, Google semakin menyukai konten yang panjang dengan menempatkannya di laman-laman awal hasil pencarian pada posisi yang lebih atas dibandingkan dengan thin content. Blog dengan konten yang banyak dan senantiasa update juga jadi pilihan utama bagi Google. Dengan Spinner.id, tak ada lagi masalah untuk menghadirkan konten yang panjang dan banyak dalam waktu cepat tanpa perlu keluar biaya yang besar.
- Complete content. Salah satu implementasi teknis untuk menghadirkan konten yang komplit adalah dengan memberitahu kepada Google jika konten kita adalah “Complete Content”, artinya konten yang lengkap. Ada pun penjelasan teknis tentang ini dapat Anda simak di Bonus tersendiri, akses disini: https://spinner.id/complete-content-guides/
Penutup
Content Marketing adalah sebuah pilihan yang sangat menarik untuk Anda lakukan. Baik sebagai satu-satunya cara maupun dikombinasikan dengan berbagai metode marketing yang lain.
Selalu ada celah untuk seluruh produk / layanan / niche dan target market yang diinginkan melalui Content Marketing.
Spinner.id adalah alat perang yang Anda butuhkan. Gunakan dengan maksimal, jadilah konsisten, temukan polanya dan mulai menghasilkan dari Content Marketing.
Semoga bermanfaat,
RA